Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2018 Purworejo

0
62

Reviens Purworejo – Sekitar 400 personel keamanan gabungan siap diterjunkan dalam Operasi Lilin Candi 2018 di Kabupaten Purworejo. Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM dan Komadan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim SH MSi menjadi Irup bersama dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2018 di Alun-alun Purworejo, Jumat (21/12) pagi. Operasi Lilin Candi ini digelar serentakselama 12 hari, mulai 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. Sasaran pengamanan meliputi tempat ibadah, tempat wisata, serta tempat – tempat vital lainya.

Inilah sinergitas nyata  Polri dengan jajaran TNI serta instansi terkait lainnya, dalam memberikan rasa aman dan nyaman jelang perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019 di wilayah Kabupaten Purworejo. Kapolres dan Dandim terlihat serius saat sidak pasukan dengan melontarkan dialog akrab namun tetap menjunjung kedisiplinan mengecek kesiapan personel.

Hadir mengikuti apel pasukan, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, jajaran Forkopimda, Ketua FKUB, kepala OPD terkait, dan sejumlah ormas serta beberapa tamu undangan.

Selepas apel,  Polres Purworejo menggelar pemusnahan hasil kegiatan kepolisian yang ditingkatkan menjelang Operasi Lilin Candi 2018. Sedikitnya 4.000 botol minuman keras (miras) dari berbagai merek dan beberapa dalam bentuk miras oplosan digilas  menggunakan alat berat Selender.

Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM menjelaskan, ada 3 jenis operasi yang dijalankan dalam Operasi Lilin Candi 2018. Ketiganya meliputi operasi terpusat, terbuka dan harkamtibmas. Operasi ini sendiri sesuai dengan fungsi tugas pokok Polri yakni memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Besok kita bersama dengan Banser akan bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan saat orang melaksanakan ibadah. Kita juga akan memaksimalkan Tim Puma untuk beroperasi setiap malam untuk mencegah kejahatan jalanan seperti Begal!” tambah  Indra.

Ada dua gereja yang mendapatkan perhatian khusus. Keduanya masing-masing berada di Kecamatan Purworejo dan Kutoarjo. Dirinya juga sudah meminta kepada personel Brimob untuk melakukan penyisiran sebelum dilaksanakan kegiatan.

“Kita memastikan kegiatan yang kita laksanakan ini akan membuat masyarakat merasa aman dan nyaman untuk melaksanakan ibadah,” pungkasnya.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH berharap setelah dilakukannya pemusnahan ribuan miras tersebut akan memberikan efek jera kepada para penjual dan oknum masyarakat pengguna miras. Dirinya berharap, jajaran Polres Purworejo dapat terus melakukan operasi miras agar terciptanya kondisi yang aman di masyarakat. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here