Resepsi Hari Ibu Ke-90 Di Purworejo Ingatkan Potensi dan Posisi Kaum Ibu Yang Strategis

0
65

Reviens Purworejo – Setelah serangkaian kegiatan digelar seperti  Upacara Hari Ibu,Lomba  Senam Pemilu, Ziarah ke Makam Pahlawan, Donor Darah dan Bakti Sosial, Hari Kamis (20/12), Wabup Purworejo, Yuli Hastuti, SH membuka Resepsi Hari Ibu ke-90 di Pendopo Purworejo. Dalam puncak acara ini digelar pula Talkshow yang dihadiri oleh para pimpinan Forkompinda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan BUMN, Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari SE, Ketua DWP Dra Erna Setyowati Said Romadhon, dan perwakilan pelajar dari siswa SMA, SMK dan MA.

Perempuan memiliki posisi dan potensi yang strategis dalam meningkatkan peran sertanya dalam pengambilan kebijakan dan pembangunan. Selain peran itu dapat diwujudkan melalui pembangunan sumber daya manusia, juga dalam ketahanan keluarga dan kualitas keluarga. Maka perempuan sangat penting dalam kemajuan bangsa. Hal ini dikatakan oleh Wabup dalam sambutannya.

“Perempuan tidak boleh takut berkarier, bahkan menjadi pimpinan baik dalam suatu kelompok, perusahaan, maupun pemerintahan. Stigma gender yang negatif terhadap perempuan saat ini sudah terkikis seiring pengetahuan masyarakat tentang perempuan. Perempuan tidak berbeda layaknya laki-laki yang memiliki potensi serta kesempatan yang sama untuk berkembang,” tutur Yuli Hastuti.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari SE, mengaku bangga dengan sosok Ibu. Dalam menjadikan anak yang berkualitas dan mandiri. “Untuk itu saya berpesan jadilah Ibu yang tangguh dan baik, Ibu adalah guru dan teladan bagi anak-anaknya,” ujar Fatimah.

Hal senada juga dikatakan Dra Erna Said, tentang luar biasanya seorang Ibu yang mampu menjadi pengayom dan penyemangat keluarga. Ibu merupakan seseorang yang spesial. Tidak saja dalam keadaan senang gembira, ketika susahpun Ibu akan terus ada dan setia mendampingi. “Jangan lupa senantiasa bersyukur dengan apa yang kita terima. Melalui kekuatan doa dan suport, Ibu akan menjadi garda terdepan dalam mendidik anak-anak, sehingga kita bisa menjadi Ibu yang baik bagi  anak-anak dan pendamping yang baik bagi suami,” tandas Erna Said.

Komunitas Perias Purworejo, Harpi Tampil Menghibur Dalam Resepsi Hari Ibu ke-90

Ketua Panitia Yuli Sutrisno menjelaskan, kegiatan ini mengangkat tema “Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”.  “Pokok pembahasan Talkshow dengan narasumber Nurlina Sri Andalis, S.Keb (Pendiri Paud Inklusi “Cinta Kasih Amalia” di Kec. Ngombol- Purworejo) yakni pada pendidikan anak berkebutuhan khusus oleh ibu, karena sampai saat ini masih banyak kaum ibu yang minder kala memiliki anak berkebutuhan khusus!” kata Yuli Sutrisno.

Kaum Difabel memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang seperti anak-anak pada umumnya. “Setelah mengikuti talkshow para ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus tidak berkecil hati dalam mendampingi tumbuh kembang anaknya, terutama dalam memberikan hak anak seperti bermain dan belajar,” harapnya.

Dalam ksemepatan ini pula  dilaksanakan pengukuhan Forum komunikasi anak Purworejo (Forkare) oleh Wakil Bupati.  (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here