Bruno Gowes Community (BGC), Komunitas Sepeda yang Tak Biasa

0
187

Reviens Purworejo – Berawal dari sekedar hobi dan sedikit keresahan para pemuda di daerahnya serta sedikit pergerakan demi perubahan, Bruno Gowes Community (BGC) ingin merubah stikma masyarakat untuk gemar bersepeda. “menyepedakan masyarakat dan memasyarakatkan sepeda” ujar salah satu anggota BGC yang akrab dipanggil Benjo di kediamannya.

Dikutip dari tribunnews.com tahun 2018 data yang ada di Korlantas Polri 75 persen kecelakaan yang ada di Indonesia adalah sepeda motor. “Itulah salah satu dasar kami membentuk komunitas ini selain untuk kesehatan”, tambahnya.

Bruno Gowes Community (BGC) sendiri dibentuk awal tahun 2018 di kecamatan Bruno, kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Awal mula berdirinya komunitas ini hanya beranggotakan 5 orang yaitu Deny, nias, alan, pak nur dan epung.

Menurut Deny ketua BGC, sangat kesulitan saat awal membentuk komunitas ini apalagi melihat kultur masyarakat di daerah ini yang sangat gemar bersepeda motor ketimbang bersepeda. Data pengguna sepeda motor usia dini kabupaten Purworejo terbesar ada di daerah kami. Bahkan hasil pengamatan kami, di daerah Bruno 85% menggunakan sepeda motor adalah anak SMP. Memang terdengar sangat miris dimana orang tua membiarkan anaknya mengendarai sepeda motor untuk berangkat sekolah. Upaya pencegahan dari pihak sekolah dan dinas terkait sudah dilakukan untuk mengurangi angka pengguna sepeda motor usia dini. Namun upaya tersebut tampaknya kurang efektif.

“Harapan kami tak berenti hanya disitu, kami terus melakukan upaya upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak gengsi bersepeda, sosialisasi, sharing dan gowes bareng antar komunitas adalah upaya yang tak bosan kita lakukan setiap minggu. Sekarang setelah hamper 12 bulan kami berdiri, kami telah telah berkembang besar. Total anggota kami ada 41 orang tersebar di beberapa tempat di kecamatan Bruno”, ungkapnya.

Merajut asa dalam olah raga, merajut impian dalam kemungkinan, dan merajut harapan dalam kesetia kawanan. Kami berkomitmen mensosialisasikan gemar bersepeda, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di daerah kami, dan menghilangkan rasa gengsi untuk bersepeda setiap hari DENGAN MEMASYARAKATKAN BERSEPEDA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here