Mampir Di Romansa Kuliner, SBY dan Bu Ani Nikmati Durian Kaligesing

0
93

Reviens Purworejo – Durian asal Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing Kab. Purworejo terlanjur dikenal sebagai Durian bercita rasa lezat. Tekstur lembut dengan kandungan  air yang ideal dan ada rasa manis dan pahit membuat banyak penggemar durian mencarinya di pasaran. Kades kaligono, Suroto membuat kebijakan agar Durian hasil panen dari desanya hanya bisa dinikmati di Desa Kaligono untuk menjaga nama besar dan ketenarannya. “Biar orang yang mau mencoba nkmatnya Durian Kaligono datang langsung ke sini!”

Tak heran Presiden RI Ke- 6 Susilo Bambang Yudhoyono bersama isteri Ani Yudhoyono yang menyempatkan mampir di Romansa Kuliner Purworejo, Minggu (28/10/2018) sore, langsung mencari tahu durian yang banyak menjadi incaran. Rombongan menggunakan bus, tiba sekitar pukul 13.00 WIB.

Rombongan SBY didampingi Bupati Agus Bastian, Ketua DPC Demokrat Yophi Prabowo dan sejumlah kerabat menyapa masyarakat dilanjutkan makan siang. Dalam kunjungan tersebut SBY beserta Ibu disuguhi buah durian asli Purworejo yang sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh seorang petani durian.

“Sejak kemaren  dari Jawa Timur kemarin Ibu minta durian, dan baru kali ini dapat terpenuhi. Sangat enak, dan saya harapkan kedepan dapat menjadi komiditi utama warga Purworejo,” kata SBY kepada awak media.

Ani Yudhoyono, yang mengaku penasaran dan baru kali ini bisa menikmati  durian yang memiliki cita rasa tinggi. Dirinya pun sempat memuji langsung petani yang menyediakan buah Durian tersebut. 

“Ya saya suka Durian, saya sudah cari kemana-mana baru nemu di Purworejo, makasih ya Pak,” ujar Ibu Ani kepada petani durian.

Petani buah durian, Tri Harimawan (35), warga Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing mengungkapkan, dirinya sudah menyiapkan jauh-jauh hari durian tersebut untuk disuguhkan kepada SBY. Iapun memilih durian dengan kualitas terbaik sehingga tidak mengecewakan mantan orang nomor satu di negeri ini. Durian yang disiapkan merupakan khas Desa Kaligono dan merupakan buah yang matang di pohon.

“Ini semua matang di pohon, bahkan tak jarang justru yang terbaik itu merupakan jatuhan dari pohon karena memang matang alami.Saya sudah dengar kalau Pak SBY mau kesini, dan setahu saya beliau suka durian makanya saya siapkan. Saya cari yang masak di pohon, walaupun nggak tahan lama tapi rasanya dijamin nomer satu,” katanya girang bisa menjamu orang ternama.

SBY dan Bu Ani terlihat menikmati kuliner yang dihidangkan siang itu masakan kampung yang justru pas di lidah beliau. Sayur Lodeh Jantung Pisang, lauknya Ikan Asin Layur, Bontil, Tempe dan tahu Goreng. “Ya cita rasa masakan Purworejo memang nikmat, dan Duriannya juga mantab!” kata Bu Ani seperti bernostalgia dengan menu masakan Purworejo.

Selepas acara makan siang , rombongan melakukan ziarah ke Makam Sarwo Edi Wibowo.Terlihat dalam rombongan beberapa tokoh antara lain Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Bersatu II Andi Alfian Mallarangeng. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here