Sudirman Tewas, Pelaku Curas Ternyata Tukang Nderes Nira

0
88
Tersangka TP ditangkap satreskrim Polres Purworejo sempat kabur ke kalimantan

Reviens Purworejo – Teka-teki tewasnya Sudirman (50th) terugkap sudah. Satreskrim Polres Purworejo, berhasil menguak misteri mayat di dekat Mercusuar pantai Selatan Purworejo, sekaligus membekuk pelaku TP (29), warga Tanjunganom, Butuh, Purworejo. TP ditangkap polisi diduga kuat sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan terhadap Sudirman (50), warga Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, pada Jum’at (28/9) lalu.

Dalam peristiwa berdarah tersebut, mengakibatkan korban tewas, karena menderita luka berat akibat bacokan di kepala. TP juga mengambil uang tunai Rp 30 juta milik korban, dan HP merek Samsung J3 warna hitam.

“Pelaku kita tangkap pada Senin (8/10) di daerah Kongbeng, Kalimantan Timur,” jelas Kapolres Purworejo, AKBP Teguh Tri Prasetya, Selasa (16/10).

Pelaku yang berprofesi sebagai penyadap (tukang Nderes) Nira Pohon Kelapa setelah melakukan aksinya kabur ke luar Jawa. Dari tangan tersangka, kata Teguh, polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain, satu buah bendho, kaos merah, tiket pesawat, jaket, dua buah sepeda motor, serta uang tunai Rp 13 juta.

Menurut Teguh Tri Prasetya, pada Jum’at (28/9) pagi, sekitar jam 5.30 WIB, di pinggiran area tambak udang wilayah Ketawangrejo, Grabag, telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan terhadap korban Sudirman.

Korban yang hendak masuk ke dalam mobilnya, dan duduk di bagian depan (setir), telah ditunggu oleh TP secara diam-diam. Dan secepat kilat TP tiba-tiba datang dari arah pintu mobil dan membacok korban menggunakan senjata berupa Bendho sebanyak 4-5 kali, dan mengenai kepala bagian atas. Selanjutnya pelaku mengambil uang dan hp milik korban, lalu kabur.

“Korban meninggal dunia di RSU Siaga Medika, Banyumas, karena menderita luka yang sangat parah di kepala,” terang Kapolres.

Barang bukti Bendho dan uang 13 juta

Pelaku bertindak nekat karena bingung terlilit hutang yang cukup banyak. “Saya tak kenal korban mas, saya bingung banyak hutang!” kata TP singkat.

Sebagai akibat perbuatan melawan hukum, pelaku dijerat dengan pasal 365 (3) KUHP, tentang pencurian yang didahului, disertai, atau diikuti dengan kekerasan, atau ancaman kekerasan yang mengakibatkan kematian, ancaman hukuman selama-lamanya 15 tahun penjara. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here