Bupati Purworejo Sidak Proyek Galian, Desak Pasang CCTV

0
426

Reviens Purworejo, Bagelen – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dipimpin Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM beserta sejumlah pejabat pemkab dan provinsi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi tambang galian C di sekitar jalan Purworejo – Yogyakarta wilayah Kecamatan Bagelen, Senin (8/10).

Inspeksi mendadak dilakukan di 3 titik tepatnya di Desa Hargorojo, Krendetan dan Bapangsari – Kecamatan Bagelen yang mana Bupati masih menjumpai adanya pelanggaran aturan main. Agus Bastian menuntut pengusaha mematuhi aturan pertambangan yang berlaku.

Bupati Agus Bastian dengan nada tinggi sempat heran ketika mengecek tambang di Desa Hargorojo. Ditengarai adanya pelanggaran titik koordinat di sana dan langsung saja meminta operator alat berat menghentikan pengerukan batuan andesit. “Semua ada aturannya menambang di sini, ini top soil juga diambil, izin juga belum jelas,” kata Agus Bastian.

Bupati akan tegas secara khusus akan memantau lokasi ini. Rombongan menuju lokasi tambang tanpa izin di Desa Krendetan. Tidak ada aktivitas di lokasi tersebut karena alat berat telah disita polisi.

Bupati mengkonfrontir penambangan itu kepada Kades Krendetan Heru Purnomo. Kepada bupati, kades menjelaskan jika pihak desa beberapa kali menanyakan perizinan yang dijanjikan pengusaha. Pengusaha mengeruk bukit untuk diratakan dan dijadikan perumahan. “Jika belum memenuhi persyaratan dan izin legal ya jangan diperbolehkan menambang,” tambahnya.

Pemerintah kabupaten menetapkan kawasan pertambangan dalam aturan tata ruang dan bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam perizinan demi mensukseskan pembangunan. “Prinsipnya pemkab ingin sukseskan pembangunan, misalnya bandara Kulonprogo, mengingat itu proyek vital nasional. Tapi jangan sampai merusak lingkungan, sesuaikan dengan aturan saja, jangan seenaknya. Jangan izinnya tambang batu, tetapi jual tanah uruk,” ungkapnya.

Masyarakat Purworejo jelas ingin punyan kontribusi dan diuntungkan demi kesejahteraan semua dalam proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA)

Untuk memastikan akurasi batas-batas penambangan dan apa saja yang telah menjadi aturan main, Bupati Agus Bastian memerintahkan para pelaku penambangan segera memasang CCTV di area penambangan. “Biar kita bisa memantau dan tak ada yang dirugikan dalam praktik penambangan ini, sanggupkan untuk segera memasang CCTV!” kata Agus mengakhiri kunjungan sidak. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here