Ratusan MaBa Universitas Mahasiswa Purworejo Ikuti PPKKMB

0
49
IMM UMP menggelar Masa Ta'aruf di Auditorium Kasman Singodimedjo

Reviens Purworejo-Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Purworejo (IMM UMP), menggelar Masa Ta’aruf di Auditorium Kasman Singodimedjo UMP, Kamis (20/9) sore. Masa Ta’aruf menjadi momentum untuk  saling mengenal apa saja yang ada di kampus termasuk 948 maba (mahasiswa baru)  dari 6 fakultas dengan organisasi mahasiswa (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Muhammad Rosyid,  Ketua Panitia Pelaksana Masa Ta’aruf,  mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang saling mengenal antar mahasiswa baru  dan organisasi mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Untuk tahun ini mengusung tema “Bersama IMM Wujudkan Kampus Berkemajuan”. Dirinya berharap semua mahasiswa baru benar-benar mengenal IMM lebih jauh beserta organisasi otonom Muhammadiyah lainnya yang ada di UMP.

“Ke depan mahasiswa dapat mengenal jati dirinya sebagai mahasiswa, bangkitkan jiwa kritis dan inovatif, sehingga dengan kekritisan tersebut bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat maupun bangsa,” kata Rosyid dalam pembukaan Masa Ta’Aruf.

Dr. Dahnil Anzar Simanjutak, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menjadi pembicara, mengupas materi Kemuhammadiyahan dan Kebangsaan, menjelaskan, prinsip dan karakter Muhammadiyah salah satunya yakni selalu memahami perbedaan dan menjaga toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena dengan perbedaan dapat saling mengenal serta menambah pengetahuan.

“Kuliah itu salah satu proses mengkaji untuk memberi ruang pencerahan,  salah satu pentingnya berkuliah adalah memperbaiki cara berpikir serta diikuti oleh kemauan yang kuat. Hal inilah yang telah ada pada diri Muhammadiyah semenjak didirikannya,” jelasnya.

Selain itu, disampaikan pula posisi mahasiswa Muhammadiyah dan 3 senjata sebagai mahasiswa Muhammadiyah. Tiga senjata itu meliputi tauhid yang murni, Ilmu yang tinggi dan Amal dengan meninggikan akhlaq. Dengan senjata tersebut, orang akan mantap tidak takut, wawasan luas dan menjadi telaan bagi yang lain serta akan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Pemateri kedua Pimpinan Social Movement Institute Yogyakarta Eko Prasetyo, mengungkapkan, sejarah semua perubahan di negeri ini hasil dari pergerakkan mahasiswa. Seluruh politisi hingga pejabat negeri ini kebanyakan berasal dari pendidikan kampus. Pengalaman berorganisasi dan ketrampilan pengelolaan negara ada di mahasiswa. Rakyat masih mempercayai mahasiswa sebagai Agent of Change.

Sebeleumnya digelar Pawai Ta’aruf yang dilepas oleh Rektor UMP, Drs H Supriyono MPd, dan diikuti juga oleh para dosen dan karyawan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKKMB) Selain itu, sekaligus sebagai rangkaian pembukaan semarak Milad ke-54 UMP yang puncaknya pada 24 September mendatang.

Ketua Panitia PPKKMB UMP 2018, Ismawati Ike Nugraheni SS MHum, menyebut tahun ini jumlah mahasiswa baru UMP sebanyak 948 mahasiswa, 14 di antaranya merupakan penerima beasiswa Bidikmisi. Adapun tema yang diusung dalam PPKKMB 2018 yakni Generasi Milenial yang Islami, Unggul, dan Mandiri dengan tagar GERANIUM.

“Dalam kegiatan ini sama sekali tidak menggunakan atribut peserta yang merendahkan martabat mahasiswa. Untuk menghindari stigmatisasi sebagai forum perploncoan atau kepentingan lain yang bertentangan dengan tujuan PPKKMB di UMP,” kata perempuan yang juga Dekan FKIP UMP Purworejo ini.

PPKKMB UMP tahun 2018 ini, lanjut Ike, dititikberatkan pada upaya membangun komitmen akademik secara optimal dan konsisten, dengan penyajian materi tentang sistem akademik perguruan tinggi, realisasi pengamalan AIK di UMP, SOTK Universitas, dinamika kegiatan kemahasiswaan, dan pengembangan kreativitas kemahasiswaan melalui expo UKM, HIPMI, dan Masta IMM.

“Ada materi tambahan, yakni bela negara oleh Kapt Inf Daliman dari Kodim 0708 Purworejo dan pemahaman bijak tentang literasi digital oleh Iptu Siti Komariah dari Polres Purworejo,” tuturnya.

Selain penyampaian materi Ke-Islaman Kemuhammadiyahan sekaligus keorganisasian IMM dan Motivasi Gerakan Mahasiswa, kegiatan Masa Ta’Aruf kali ini juga diisi beberapa kegiatan lain seperti, Treatikal Demonstrasi Mahasiswa, Akustik Band oleh Hizbul Wathan dan Komisariat IMM UMP. Selain itu juga diperagakan Jurus silat oleh Tapak Suci UMP, Performance Orasi Pemuda oleh kader, Apresiasi Puisi dan Dinamika Kelompok. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here