Ini Nih Peringatan HUT RI 73 di Purworejo yang Meriahnya Cetar Membahana

0
233

Reviens Purworejo, Banyuurip – Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke 73 Desa Popongan yang diadakan mulai tanggal 12 – 19 Agustus 2018 kini telah memasuki puncak acara. Serentetan kegiatan telah terlaksana dengan hikmat, lancar, dan meriah. Kegiatan cukup padat, ada bermacam-macam perlombaan, ada pelepasan lampion di malam tirakatan, dan ada juga ruqyah massal. Di penghujung acara, pawai karnaval yang diikuti beberapa kontingen menjadi daya gedor semangat nasionalisme yang tinggi (19/08/2018).

Sejak pukul 07.00 WIB peserta pawai karnaval sudah mulai berkumpul di lapangan Tunas Manggala yang berada di Desa Popongan. Bermacam-macam hasil bentuk kreativitas warga masyarakat terlihat cukup menawan. Kendaraan untuk berperang seperti tank, kapal, helicopter, pesawat tempur dan lain-lain nampak apik layaknya kendaraan sungguhan. Suara-suara meriam dari kendaraan tank yang menggelegar cukup membawa penonton pada suasana perang dan mengingatkan penonton
kepada para pejuang kemerdekaan.

Tidak hanya alat tempur saja, karya yang unik serta penampilan peserta karnaval yang lucu cukup membuat perut sakit karena terlalu lama tertawa. Salah satu karya unik yang membuat geli penonton adalah properti kura-kura yang dinaiki manusia. “Atraksi dua kura-kura yang nyleneh itu saat berjalan benar-benar membuat saya terpingkal-pingkal,” ucap Sigit saat bertemu Reviens Purworejo. Ada juga pria yang berbusana ibu hamil yang tiba-tiba bertingkah seperti mau melahirkan, hal ini sontak membuat penonton kaget ada juga yang panik. Alhasil penonton yang lain pun tertawa setelah melihat orang yang panik tadi tahu bahwa ibu hamil itu adalah peserta karnaval.

Kurang lebih satu setengah jam pawai karnaval tersebut berlangsung, dengan rute memutari jalan Desa Popongan. Warga berharap acara ini akan lebih meriah lagi di tahun depan. “Pencapaian tahun ini cukup bagus, namun tahun depan harus meriah lagi,” kata Umar. Selain menumbuhkan semangat nasionalisme acara pawai karnaval juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan produktivitas warga dalam kegiatan positif semakin meningkat. Sehingga pencapaian-pencapaian yang selama ini didapat akan bergerak maju. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here