Himbauan Kekinian Satlantas Polres Purworejo Untuk Cegah Lakalantas

0
99

Reviens Purworejo – Upaya untuk meningkatkan kenyaman dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan mencegah terjadinya laka lantas, jajaran Unit Laka Satlantas Polres Purworejo melakukan rekayasa lalulintas di lokasi rawan kecelakaan (black spot). Salah satunya dengan memasang papan peringatan yang intinya sebuah himbaun berupa kalimat unik.

Petugas sengaja memasang himbauan tersebut dengan rangkaian kalimat yang bisa mencuri perhatian hingga sejenak para pengguna jalan membaca pesan tersebut. Kalimat- kalimat unik ini bisa dibaca di sepanjang jalur alternatif jurusan Desa Bakurejo, Nambangan dan Sumberagung Kecamatan Grabag.

Kanit Laka Aiptu Tukul Puji Puriyono bersama anggota Satlantas mencoba improvisasi dengan himbauan penuh pesan moral yang lebih mengena terutama kepada anak-anak muda, Simak saja rangkaian kalimat berikut ini “Dicari Perjaka dan Gadis Yang Tertib Berlalu lintas’, ‘Jatuh Di Aspal Tidak Seindah Jatuh Cinta’, ‘Dilarang Kecelakaan Di Sini Rumah Sakit Jauh’, dan ‘Jangan Kebut-Kebutan Bang ! Adik Belum Siap Menjanda”.

Advertisment

“Berdasarkan hasil anev (analisa dan evaluasi) semester I tahun 2018, di jalur tersebut telah terjadi 5 kejadian laka lantas dengan fatalitas korban meninggal dunia 5 orang dan luka berat 1 orang.” kata Kasatlantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha. SH, saat ditemui di Mapolres Purworejo, Selasa (7 Agustus)

Agar pengendara lebih berhati-hati dalam berkendara, kami pasang papan himbauan. Sengaja menggunakan bahasa kekinian dan lebih mengena serta mudah diinga maksud dan pesan moralnya.

Sebelum pemasangan papan himbauan tersebut, pihaknya berkordinasi terlebih dahulu dengan Kades Nambangan dan Sumberagung beserta perangkat desa. Jajaran Satlantas Polres Purworejo bersama-sama dengan aparat desa melakukan pencegahan agar tidak terjadi kejadian laka lantas berulang.

“Kami mencoba semaksimal mungkin apa saja yang bisa dilakukan juga untuk meminimalisir fatalitas korban!. Papan himbauan dipasang di empat titik masing-masing dua titik di desa Nambangan dan dua titik di desa Sumberagung”, tambahnya. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here