Kerjasama Langsung Antara Kementerian Koperasi & UMKM dengan Delegasi Purworejo

0
241

Reviens Purworejo, Jakarta Pusat – Gaung dari Forum 28 atau pertemuan para Diaspora Purworejo ditajuk “Berbagi Gagasan Untuk Purworejo” tanggal 28 Juli 2018 lalu di Kemenko PMK yang difasilitasi oleh Prof Dr HR Agus Sartono MBA dkk berdampak positif bagi seluruh masyarakat, atau tokoh-tokoh Purworejo yang ada di Ibu Kota.

01 Agustus 2018 rombongan aspirasi Purworejo yang dikomandani oleh Jaya Yudantoro sebagai perwakilan dari sesepuh Purworejo yang hadir di Forum 28 Diaspora Purworejo, sekaligus sebagai penasehat Pakuwojo bersama Bambang Dwi, Untung W dkk diterima langsung oleh bagian Pemberdayaan, Penyuluhan di Kementerian Koperasi & UMKM yakni Bpk Hariyanto yang juga hadir kemarin di acara Diaspora Purworejo di Kemenko PMK.

“Koperasi sangat penting, dan sebagai warga Purworejo di Ibu Kota, saya merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi untuk tanah kelahiran saya. Semangat Prof Dr HR Agus Sartono MBA, H Darpoko, Mayjend TNI Dr Imam Edy Mulyono, Jaya Yudantoro dll untuk mencari langkah & cara apa yang taktis bisa dirasakan langsung oleh saudara-saudara saya di Ibu Kota ini.” urai Jaya Yudantoro.

Delegasi warga Purworejo yang berjumlah 6 orang ini diterima Bpk Haryanto langsung di ruang kerjanya. Bahkan dipanggilkan beberapa pegawai, kepala biro yang juga berasal dari Purworejo. Arahan dan fasilitas langsung diberikan kepada rombongan Purworejo ini yang berniat untuk belajar berwirausaha dan membuka koperasi.

“Ya, semangat kami dengan berkumpulnya forum Diaspora kemarin, menyadarkan kami bahwa ini saat nya untuk kami dkk berbuat sebisa nya untuk tanah kelahiran. Dan beberapa tema kuliner seperti pelatihan pembuatan Dawet Ireng, Geblek serta bantuan permodalan, dan pendirian Koperasi langsung di instruksikan oleh beliau Bpk Haryanto,” tambah Jaya Yudantoro yang mewakili rombongan.

Berkas sudah masuk, dalam sebulan ini satu diantara opsi ini yakni Pelatihan & pendirian Koperasi akan segera di wujudkan. Penyuluhan dan bimbingan usaha kuliner akan diadakan di sebuah tempat di Kota Bogor dan berkas kelengkapan ditunggu segera oleh Kementerian Koperasi & UMKM agar segera bisa mendapat akses yang besar dari program-program Kementerian Koperasi & UMKM untuk masyarakat Purworejo.

Direncanakan dalam penutupan pelatihan nanti juga akan dipantau dan dikunjungi oleh sedulur-sedulur Purworejo yang hadir di Forum 28, Diaspora Purworejo seperti Ir Samsul Hadi, Jaya Yudantoro, Haryanto, H Darpoko dan banyak lainnya.

Inisiatif besar dan peluang langsung yang bisa diberikan oleh Kementerian Pusat harus dijemput bola oleh warga Purworejo atau pemangku kepentingan yang bersangkutan. Seorang Pemimpin atau Bupati dan inisiator-inisiator tokoh Diasporan Purworejo harus mampu menjadi Marketer yang baik bagi Kabupaten Purworejo untuk bersaing di tengah proses pembangunan Bandara NYIA Jogjakarta, Kawasan Otorita Borobudur jika tidak ingin tertinggal dengan kabupaten lainnya. (ie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here