Kontes Nasional Kambing Kaligesing Purworejo 2018

0
140

Reviens Purworejo, Kemiri – Drs Said Romadhon Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo menegaskan, Kambing Kaligesing (Peranakan Etawa) merupakan ikon Purworejo yang harus terus dijaga dan dilestarikan agar tidak kekurangan bibit karena permintaan tinggi. Pemkab Purworejo melalui program pengembangan Kambing Kaligesing membuat kantong-kantong sumber bibit pedesaan di luar Kecamatan Kaligesing yang memiliki kemiripan iklim dan topografi dengan Kecamatan Kaligesing yang sejuk.

Penegasan itu dikatakan Sekda saat membuka kontes nasional Kambing Kaligesing di Alun-alun Kecamatan Kemiri, Minggu (28/7).

Terlanjur menjadi ikon yang berkarakter buat Purworejo, Kambing Kaligesing jelas punya kaitan dengan  sektor pariwisata, dengan dibentuknya  Kampung Ettawa di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, sehingga peternakan tidak hanya memiliki fungsi ekonomis, tetapi juga memiliki fungsi edukatif dan rekreatif.

Upaya untuk mempertahankan kualitas dan kemurnian galur Kambing Kaligesing, Pemerintah Kabupaten Purworejo telah menerbitkan Keputusan Bupati Purworejo yang mengatur bahwa kambing dengan kualitas A dan B dilarang keluar dari wilayah Kabupaten Purworejo.

“Dengan terjaganya kemurnian dan kualitas yang baik, diharapkan akan makin menumbuhkan gairah dalam beternak Kambing Kaligesing, meningkatkan daya jual hasil ternak serta mampu meningkatkan kesejahteraan peternak”, tambah Said.

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo (DPPKP) Ir Bambang Asmara Jati, M.Eng mengatakan, kontes nasional Kambing Kaligesing 2018 ini diikuti 180 peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur

Misinya untuk meningkatkan kualitas dan populasi, meningkatkan gairah memelihara dan mengembangkan, termasuk meningkatkan pelestarian Kambing Kaligesing.

“Permintaan pasar yang terus meningkat, dan masih terjadinya perkawinan sedarah antar Kambing Kaligesing, ini masalah yang akan kita hadapi dan cari solusinya”, kata Kadinas. Antusiasme masyarakat yang datang dalam acara ini dan jumlah peserta yang banyak, menjadi indikasi bahwa Kambing Kaligesing memang menjadi primadona yang punya daya tarik tinggi buat meningkatkan kesejahtaraan masyarakat. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here