Pembukaan dan Skrining Operasi CBL Gratis di RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo

0
96

Reviens Purworejo, Purworejo – Bertempat di Gedung Auditorium RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Selasa (24 Juli) berlangsung pembukaan dan skrining terhadap calon pasien operasi Bibir Sumbing. RSUD Dr. Tjitrowardojo bekerjasama dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) Pengurus Wilayah Jawa Tengah, Tim PPDGS Bedah Mulut FKG UGM, Yayasan Karya Hati Insani dan Pemerintah Kabupaten Purworejo, siap menggelar kegiatan Bhakti Sosial.

Kegiatan Bhakti Sosial itu meliputi pemeriksaan dan operasi celah bibir/lelangit (CBL) gratis kepada warga masyarakat di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Menurut Kasubbag Humas RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo Leli Dewi Pramudyani, SKM, MM,  Kegiatan itu akan dimulai pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 dengan terlebih dahulu dilakukan proses Skrining pasien dan pemberian set sumbing pasien.

Advertisment

“Selanjutnya bagi pasien yang memenuhi kriteria pada saat skrining, akan dilakukan operasi celah bibir/lelangit (CBL) pada hari Selasa-Rabu, tanggal 31 Juli-1 Agustus 2018, pukul 08.00-18.00 WIB, bertempat di RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Jawa Tengah,” katanya.

Dalam sambutannya, Plt. Direktur RSUD Dr. Tjitrowardojo, Drg. Nancy Megawati Hadisusilo, M.M  menyatakan bahwa  Bhakti Sosial ini merupakan hasil kerjasama Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PAMBI) Pengurus Wilayah Jawa Tengah, Tim PPDGS Bedah Mulut FKG UGM, Yayasan Karya Hati Insani dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Purworejo.  Dalam skrining calon pasien yang akan dioperasi harus memenuhi syarat yang dirangkum dalam Rule Of Ten. “Ya pasien harus memenuhi kriteria diantaranya seperti usia harus lebih dari 10 minggu, HB harus lebih dari 10 gr%, tercatat sudah ada sekitar 26 calon pasien yang mendaftar dengan usia tertua yakni 27 tahun!” kata Nancy kepada Reviens Media saat di temui di sela acara.

Acara yang dibuka oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE, MM didahului dengan pembacaan Safety Briefing oleh anggota Satuan Keamanan sebagai pengingat akan keselamatan dan keamanan semua peserta yang hadir dalam Gedung Auditorium RSUD Tjitrowardojo. Bupati mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Bhakti Sosial yang sangat positif ini, sebagai wujud rasa kepedulian sosial dan pengabdian kepada masyarakat secara nyata.

“Harapan saya agar operasi ini tak hanya diberikan kepada yang lolos skrining saja, tetapi nantinya bagi penderita yang sudah memenuhi syarat agar dapat dioperasi juga secara bertahap. Kerjasama seperti ini jangan sampai putus dan kalau bisa makin ditingkatkan lagi!” kata Agus Bastian. Hadir dalam acara ini, AKBP drg. Jaka Kusnanta, SpBM selaku Ketua Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI Pengurus Wilayah Jawa Tengah).

Target perawatan labioplasty (celah bibir) adalah estetik dan fungsi menghisap, target perawatan palateplasty (celah lelangit) adalah memperbaiki fungsi menelan dan meningkatkan kebersihan rongga hidung.  (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here