Bupati Resmikan SPBU 44.541.13 Kentengrejo

0
120

Reviens Purworejo, Purwodadi – Jalur Selatan yang lebih dikenal Jalan Daendels, makin bersolek dengan tumbuhnya berbagai usaha seperti rumah makan, kios-kios buah, bibit tanaman lokal, dan berbagai usaha produktif lainnya. Satu lagi yang baru saja diresmikan Bupati Agus Bastian SE MM yakni Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), milik PT Eka Karya Astajaya tepatnya di Desa Kentengrejo – Purwodadi di Jalur Daendels, makin menambah marak lalu lintas dan usaha produktif di sini.

Penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati, SPBU 44. 541. 13 Kentengrejo siap beroperasi dan melayani masyarakat di kawasan Jalur Selatan, Sabtu (21 Juli).

“Ini perkembangan yang bagus untuk jalur Selatan khususnya yang ada di wilayah Purworejo, kecuali lebih dikenal sebagai jalur alternatif penguarai kemacetan saat terjadi arus mudik Lebaran, dengan adanya fasilitas umum sperti SPBU ini masyarakat akan lebih nyaman sekaligus makin menggenjot usaha produktif di kawasan ini!” kata Agus Bastian kepada Reviens Media.

Advertisment

Seiring dengan rencana pemerintah yang akan membangun bandara internasional (NYIA) New Yogyakarta International Airport di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Jalur Deandels terus ditigkatkan kualitasnya. Selain lurus, mulus dan lebar seperti jalan tol, jalur ini juga belum sepadat jalur utara atau jalur tengah. Maka infrastruktur maupun sarana prasarana di sepanjang jalur ini, harus terus dikembangkan dan dilengkapi sesuai kebutuhan. Keberadaan SPBU 44.541.13 Kentengrejo akan makin memperlancar pengembangan di kawasan Pantai Selatan yang digadang-gadang menjadi pendukung kota wisata bahari dan industri.

Kepala Migas Yogyakarta Drs Siswanto menegaskan, setiap SPBU sudah ada peraturannya. Untuk itu agar mentaati peraturan yang ada. Salah satu diantaranya pengisian BBM secara tepat dan benar. “Ingat jangan main-main, karena ada sanksinya bahkan sangat berat bisa dikenai denda hingga 1 Milyar rupiah. Maka bagi petugas yang melayani pengisian BBM untuk hati-hati dalam melakukan pengisian, harus sesuai takarannya,” katanya tegas.

Direktur PT Eka Karya Astajaya Tugiman Wijono menuturkan, pendirian SPBU di Desa Kentengrejo merupakan inspirasi dari almarhum mantan Bupati Purworejo Kelik Sumrahadi yang pada saat itu melihat mendesaknya kebutuhan akan SPBU di jalur selatan.

“Saat itu situasi jalur selatan belum ramai maka belum bisa direalisasikan. Era sekarang sudah makin ramai dan berkembang maka kita bangun SPBU Kentengrejo ini. Meski SPBU sudah beroperasi namun fasilitas pendukung seperti toilet, res area, dan tempat ibadah belum tersedia dan masih dalam proses pengerjaan tahap kedua,“ ujarnya.

Fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) dipastikan juga akan makin diperbanyak untuk menyokong keamanan dan kenyamanan para pengguna SPBU.

Hari itu para tamu undangan yang terdiri dari sejumlah kepala dinas instansi, pejabat Muspika, dan masyarakat sekitar mendapat kesempatan mengisi BBM gratis. Mobil Dinas Bupati bernomor AA 1 C menjadi mobil pertama yang melakukan pengisian BBM sebagai tanda beroperasinya SPBU yang berdiri di lahan seluas 3500 m persegi ini.

“Wah seneng mas, dapat bensin full tank gratis hari ini, harapan saya wilayah ini makin berkembang, desa saya khususnya Kentengrejo juga makin makmur dan Purworejo secara umum makin pesat pembangunannya!” kata Wawan, warga setempat. (agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here