Parah, Ini Kondisi Sungai Bogowonto Saat Kemarau Panjang

0
409
Ini adalah foto kondisi terkini sungai Bogowonto di daerah Popongan, Banyuurip dimusim kemarau. Foto diambil pagi ini 21 Juli 2018 Pukul 07.00 WIB (Reviens Purworejo/udin)

Reviens Purworejo, Banyuurip – Sungai Bogowonto merupakan sungai yang cukup dikenal di daerah Purworejo. Bahkan beberapa waktu terakhir ini nama sungai Bogowonto kian tenar di kancah nasional. Meningkatnya kualitas SDM dan daya gedor yang tinggi tentang pengembangan potensi alam membuat beberapa event terlaksana di sungai Bogowonto. Alhasil, luar biasa. Banyak masyarakat berbondong-bondong mengapreasi prestasi agung tersebut.

Tapi tunggu dulu, beberapa event yang telah dilaksanakan nampaknya tidak memberikan dampak yang berarti bagi sungai Bogowonto itu sendiri. Harusnya tidak hanya unsur estetisnya saja yang kita perhatikan. Namun, perlu kita pikirkan juga ekosistem di dalamnya. Bayangkan saja, ketika musim kemarau seperti sekarang ini untuk melihat ikan saja susah kita jumpai di sungai Bogowonto ini. Parahkan?

Masih banyak sebenarnya pola pikir yang harus dibenahi guna menciptakan sungai Bogowonto yang eksotis. Kita renungkan saja, jika di saat debit air sungai bogowonto mulai menurun dan masih terlihat ikan bergerombol berlarian ke sana ke mari pasti sungai ini akan terlihat lebih menawan. Tapi toh kenyataannya berbeda untuk saat ini. Bebatuan diambil untuk keperluan proyek, ikan ditangkapi secara brutal, bahkan sampah pun ikut berpartisipasi mendukung rusaknya ekosistem sungai ini.

Advertisment

Alangkah baiknya masyarakat dibekali ilmu untuk menjaga ekosistem sungai Bogowonto ini. Sehingga kesadaran masyarakat pun semakin tergenggam untuk menjaga bahkan merawat sungai Bogowonto. Sehingga jika tiba waktu kemarau seperti sekarang ini keeksotisan sungai bogowonto masih terjunjung tinggi.

Laporan: Muh Khoirudin (Editor in Chief Reviens Purworejo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here