Purworejo Bisa Maju, Ini Kata Mereka Bagaimana Caranya!

0
443
Keindahan alam Gunung Ijo, Bagelen (Reviens Purworejo/chodri)

Purworejo merupakan salah satu wilayah dengan potensi yang lengkap baik potensi sumber daya alam (bukit, laut, dan pedesaan) serta sumber daya manusia yang melimpah. Sumber daya alam laut dengan garis pantai dan keanekaragaman isi lautnya, perbukitan dengan segala macam panorama dan keragaman hayati yang berlimpah. Ditambah lagi dengan potensi seni budaya dan kuliner, Purworejo yang begitu beragam, dengan setiap wilayah mempunyai ciri khas yang berbeda. Kota Purworejo juga mempunyai cerita panjang dari jaman kerajaan, jaman perjuangan, jaman kemerdekaan dan sampai saat ini. Purworejo banyak melahirkan tokoh pemikir republik ini baik dari militer, sipil, budayawan dan Rohaniwan”.

“Kelebihan lain Purworejo sebagai salah satu kota yg dilintasi sarana transportasi darat yang lengkap balik kereta maupun bus, dan sebagai salah satu jalur ekonomi.¬†Purworejo juga merupakan kota penyangga daerah istimewa yogyakarta, dan kota di Kedu Selatan”.

“Melihat hal tersebut dan potensi yang luar biasa tersebut seharusnya Purworejo menjadi salah satu kota yg gemah ripah loh jinawi sejahtera masyarakat dan maju perekonomian.¬†Bagelen dengan nama besar yang ada di Purworejo seakan tenggelam, dan belum mampu untuk menunjukkan jati diri sebagai kota yg melahirkan para pemikir bangsa dan republik ini”.

Advertisment

“Banyak hal yang perlu dibenahi untuk Purworejo lebih maju, baik soal infrastruktur penunjang, peningkatan kualitas sumber daya manusia pedesaan, good goverment, dan sinergisitas antar stakeholder pemangku kebijakan dengan seluruh elemen masyarakat”.

“Purworejo perlu “dikeroyok” bersama-sama oleh tokoh nasional dan para ahli yang mempunyai keahlian tertentu yg berasal dari Purworejo bekerjasama dengan pemerintah daerah”.

“Egoisitas tinggi yang ada dalam masing-masing entitas harus ditinggalkan untuk membangun Purworejo. Banyak ahli tata ruang, banyak pakar ekonomi, banyak profesor pendidikan, banyak tokoh kebudayaan, banyak seniman, banyak jenderal, banyak anak muda yang potensi, banyak komunitas perantau dan masih banyak yg lain, harusnya bahu membahu bersinergi dg pemerintah daerah untuk membangun Purworejo”.

“Purworejo dan Kulon Progo ibarat kembar identik soal potensi sumber daya alam, culture, kesenian dan kebudayaan, karena berada dalam satu garis menoreh dan satu garis pantai samudera Hindia, tetapi perbedaan pembangunan nyata (diluar dari keistimewaan Jogja) tetapi Kulon Progo ada sosok pemimpin yang mampu memimpin dan kemauan masyarakat yang kuat untuk maju dan sejahtera”.

“Tantangan didepan mata ada bandara NYIA, mampukah Purworejo dalam menyiapkan diri untuk memajukan dan berdampak pada kesejahteraan atau hanya akan jadi penonton dan apakah hanya akan menjadi korban terhadap kerusakan ekologis dan ekosistem (proyek pengerukan tanah), korban ketidak siapan sumber daya manusia yang akan menimbulkan dampak sosial”.

 

Reporter: Chodri
Editor: Muh Khoirudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here