Ganjar: Pesantren Sebagai Pelopor Anti Narkoba Dan Radikalisme

0
92

Kunjungan H. Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah hari Selasa (22/2) ke Ponpes Al-Iman Bulus disambut begitu meriah. Para santri setempat memenuhi pinggiran jalan beberapa jam sebelum beliau tiba. Dihelatnya acara ini bertujuan Sarasehan bersama 700-an tamu undangan yang membahas tentang dialog kebangsaan. “Pesantren sebagai pelopor anti narkoba dan radikalisme” merupakan tema yang diangkat pada acara ini.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam. Waktu yang sangat singkat mengingat Gubernur akan melanjutkan perjalanan meninjau pertanian di kecamatan Banyuurip. Dalam acara yang dihadiri oleh para Kyai dan Ulama Pengasuh Ponpes se-Karisidenan Kedu, Gubernur Jawa Tengah juga tak lupa memberikan sambutannya. Beliau mengungkapkan bahwa bangsa ini sedang dalam keadaan kritis karena narkoba dan radikalisme yang tengah merajalela di lapisan masyarakat. “Narkoba dan radikalisme telah merajalela di lapisan masyarakat, baik usia dini maupun usia dewasa. Para pengguna narkoba tidak bisa dikembalikan seperti sedia kala. Hal ini hanya dapat dipulihkan melalui rehabilitasi”. Tuturnya.

“Cara menghentikan semua ini, kita harus berkontribusi satu sama lain. Dari pihak pemerintah melakukan penerangan kepada generasi muda yang masih sehat agar bertambah sehat, memulihkan pecandu narkoba agar menjadi sehat serta menangkap para pengedar gelap”. Tambah Gubernur Jawa Tengah.

Beliau juga berharap dengan adanya Pondok Pesantren dapat menjadi benteng pemberantas narkoba dan radikalisme. “Ajaran agama kental yang melekat pada jiwa santri, mereka bisa membawa pengaruh positif kelak dimasyarakat”. Papar Gubernur.

Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat mengetahui kinerja para pemerintah dengan gamblang. Sebagaimana penuturan salah satu santri yang bernama Shofi, dia mengungkapkan bahwa dia dan rekan-rekannya bisa lebih waspada. “Saya mendapat wawasan baru tentang narkoba. Saya juga bisa lebih waspada dengan jenis narkotika. Tidak semua jenis narkotika yang sekarang beredar masih murni”. Ungkapnya. (Amalia Putri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here